Pages

Administrasi Kelompok Tani




Pembinaan kelompoktani diarahkan pada penerapan sistem agribisnis, peningkatan peranan, peran serta petani dan anggota masyarakat pedesaan, peran serta petani dan anggota masyarakat pedesaan lainnya, dengan menumbuhkembangkan kerja sama antar petani dan pihak lainnya yang terkait untuk mengembangkan usahataninya. Selain itu pembinaan kelompoktani diharapkan dapat membantu menggali potensi, memecahkan masalah usahatani anggotanya secara lebih efektif, dan memudahkan dalam mengakses informasi, pasar, teknologi, permodalan dan sumber daya lainnya.
Kelompok tani sebagai unit organisasi petani dalam menjalankan fungsi-fungsinya, perlu mempunyai catatan-catatan kesepakatan, kegiatan, kekayaan, dan keberhasilan yang dicapai, baik ditulis dalam buku maupun lembaran kertas sesuai dengan kemampuan kelompok, sehingga mudah dibaca, diingat, dan dicari bila sewaktu-waktu diperlukan. 

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Brebes telah melaksanakan Pelatihan Administrasi Kelompok Tani. Pelatihan dilaksanakan selama 1 hari, yaitu hari Rabu tanggal 7 Maret 2012. Tempat pelatihan di Aula Dinas Petanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Brebes. Peserta sebanyak 34 orang, terdiri dari perwakilan anggota kelompok tani di Kabupaten Brebes.

Narasumber pelatihan dari kiri ke kanan: DIDI  EKO  PRIYADI, AMd. (DPTPH KAB. BREBES);  SISMAN, S.PKP (BAPELLUH KAB. BREBES)



No comments:

Post a Comment