Pages

Pembuatan Pupuk Kompos dengan Alat Pengolahan Pupuk Organik (APPO)

Manfaat Kompos?
Memperbaiki struktur tanah berlempung sehingga menjadi ringan
Memperbesar daya ikat tanah berpasir sehingga tanah tidak berderai
Menambah daya ikat air pada tanah
Memperbaii drainase dan tata udara dalam tanah
Mempertinggi daya ikat tanah terhadap zat hara
Mengandung hara yang lengkap, walaupun jumlahnya sedikit
Mebantu proses pelapukan bahan mineral
Memberi ketersediaan bahan makanan bagi mikroba
Menurunkan aktivitas mikroorganisme yang merugikan
Belum dimulai jangan pusing dulu dong...




Pelatihan APPO dengan trainer Ir. Arif Mustaghfirin dari PT. Pura
Mejeng dulu...

PROSES PEMBUATAN PUPUK KOMPOS

1.      PERSIAPAN BAHAN
Sampah yang diolah untuk dapat digunakan sebagai pupuk organik adalah semua bahan / sampah yang bersifat organik. Sampah yang berupa plastik, kaleng, atau kaca tidak dapat digunakan. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk proses pembuatan pupuk organik adalah sebagai berikut :
·         Semua jenis sampah organik
·         Kotoran sapi / kerbau / kambing
·         Bio-activator / MOL
·         Bahan pelengkap :  air kelapa, gula jawa (sebagai nutrisi mikroba)
Batang pisang yang segede gaban pun bisa
 
2.      PERSIAPAN ALAT / MESIN
Persiapan Mesin Pencacah Sampah / Jerami :
·         Pastikan mesin dalam keadaan bersih
·         V-belt terpasang dengan baik (tidak kendor maupun terlalu kencang)
·         Ketersediaan air dan bahan bakar solar pada motor diesel
Perlengkapan :
·         Sekop
·         Penyemprot air manual
·         Plastik / Terpal 

 3. CARA PEMBUATAN
          Larutkan bio-activator (0.1 % dari total sampah) dengan air sumur sebanyak (25 X jumlah bio-activator), tambahkan air kelapa dan gula jawa sebanyak (0.05% dari jumlah sampah). Aduk hingga rata dan diamkan 2 – 4 jam (LARUTAN A).

          Cacah sampah organik
          Masukkan sampah cacahan ke dalam komposter
          Percikkan LARUTAN A ke dalam sampah cacahan hingga lembab.
          Campurkan “bulking agent” (3 % dari jumlah sampah)

          Aduk hingga rata selama 15-60 menit/ hari selama 7-14 hari, sampai dinyatakan bahwa sampah telah menjadi kompos.
          Setelah sampah sudah menjadi kompos, angin-anginkan selama 1 – 2 hari, jangan terkena sinar matahari langsung.


1 comment:

  1. Saya di sini untuk berkongsi kesaksian saya tentang apa yang dilakukan syarikat pinjaman yang dipercayai untuk saya. Nama saya Nikita Tanya, dari Rusia dan saya ibu yang cantik dari 3 kanak-kanak saya kehilangan dana saya untuk mendapatkan pinjaman yang sangat sukar untuk saya dan anak-anak saya, saya pergi ke talian untuk mencari bantuan pinjaman semua harapan adalah hilang sehingga satu hari yang setia ketika saya bertemu kawan saya yang baru-baru ini memperoleh pinjaman dari Perkhidmatan Pendanaan Le_Meridian Dia memperkenalkan saya kepada syarikat pinjaman yang jujur ini yang membantu saya mendapat pinjaman dalam masa 5 hari kerja, saya akan berterima kasih untuk selama-lamanya kepada Bapak Benjamin, kerana membantu saya kembali berjalan kaki. Anda boleh menghubungi Encik Benjamin melalui e-mel: lfdsloans@lemeridianfds.com, mereka tidak tahu saya melakukan ini untuk mereka, tetapi saya hanya perlu melakukannya kerana ramai orang di luar sana yang memerlukan bantuan pinjaman sila datang ke syarikat ini dan selamatkan. Watsats: (+ 1 989-394-3740)

    ReplyDelete